Metode Gravitasi

Metode Gravitasi
September 13, 2020 No Comments Science admin

Metode Gravity/Gravitasi/Gaya Berat merupakan salah datu metode geofisika yang bersifat pasif  dengan memanfaatkan sumber getaran alami. Metode Gravity ini menghitung parameter perbedaan nilai fisis yang berupa densitas (density) yang tersebar pada batuan.

Perbedaan jenis batuan tersebut yang menyebabkan nilai densitas yang berbeda-beda pada suatu lokasi, sehingga pada setiap lokasi memiliki nilai medan gravitasi yang tidak serupa. Anomali medan gravitasi tersebut yang akan menjadi titik fokus penelitian lebih lanjut karena hal tersebut menandakan memiliki kandungan dibawah permukaan bumi. Dalam mengolah data gravity banyak faktor yang harus dikoreksi untuk mendapatkan nilai gravitasi yang sebenarnya, antara lain :

  1. Koreksi Pasang Surut/ Pasut
  2. Koreksi Gaya Apung/ Apungan
  3. Koreksi Lintang
  4. Koreksi Bouger
  5. Koreksi Udara Bebas
  6. Koreksi Medan (Terrain Correction)

Adapun alat yang biasa digunakan untuk mengukur gaya berat/gravitasi antara lain : La Coste & Romberg dan Scintrex CG-5.

Gambar alat gravitymeter

Geoglobal Indonesia sebagai konsultan geofisika geologi dan geoteknik menyediakan survei gravity untuk keperluan survei pendahuluan, geothermal, mapping geologi lokal/regional dll

Geoglobal Indonesia sebagai konsultan geofisika memiliki kemampuan untuk memberikan Anda gambaran realistis mengenai situasi bawah permukaan dengan imaging yang mendekati sebenarnya. Dengan tim kami yang berkompeten dan terampil serta peralatan modern, kami dapat menyediakan konsultasi proyek, perencanaan survei, akuisisi data mutakhir, serta solusi pemrosesan dan interpretasi.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *